Skip to main content

Panduan Menggunakan Menu "Info Siswa" sebagai Fungsi Utama Aplikasi Anjungan yang Kita Miliki

Oleh: MI Al RaudlahPada: December 25, 2021

Pada bagian ini kita akan belajar cara memaksimalkan penggunaan aplikasi yang kita miliki untuk menjadi info dasar mengetahui detail keadaan informasi tentang siswa, dan ini sangat penting untuk wali murid dan siswa sendiri, sehingga segala hal aktifitas sampai pada keuangan yang berkaitan dengan keadaan anak kita bisa kita ketahui melalui Info Siswa ini.
Kali ini kita akan belajar untuk mengetahui absen kehadiran siswa/anak kita selama pembelajaran di Madrasah.
Sebelum memulainya pastikan kita sudah memasang aplikasi Anjungan MI Al Raudlah. Apabila belum terpasang silakan kunjungi di SINI untuk panduan memasangnya.

Yang pertama-tama harus kita pastikan bahwa anak kita atau siswa sudah memiliki Nomor Induk Siswa (NIS) dan PIN Siswa (password). Untuk NIS dan PIN siswa tersebut bisa kita lihat pada Kartu Pelajar Terpadu anak kita, dan bagi siswa atau wali murid yang belum mengetahui NIS dan PIN siswa silakan menghubungi wali kelasnya masing-masing untuk mendapatkan NIS dan PIN siswa tersebut. (INGAT JAGA KERAHASIAAN PIN ANDA)

1. Info Siswa

Pada Aplikasi Anjungan Informasi MI Al Raudlah disana terdapat menu "Portal Siswa" silakan klik menu tersebut.

Di dalam menu "Portal Siswa" terdapat sub menu "Info Siswa", silakan klik menu "Info Siswa" tersebut sehingga muncul jendela baru.

Pada jendela Info Siswa terdapat macam-macam menu sesuai dengan kegunaannya dan persilakan nanti untuk mencoba menu-menu tersebut untuk lebih mengetahui informasi tentang madrasah dan perpustakaan.
Pada menu Informasi Siswa ini kita diharuskan untuk mengisikan NIS (Nomor Induk Siswa) dan PIN (sebagai password siswa) yang sudah kita ketahui melalu kartu pelajar siswa di atas tadi, kemudian klik "Login".

Setelah kita klik login tadi maka terbukalah jendela utama siswa yang mana di dalamnya terdapat data diri pribadi siswa, kita bisa menceknya apabila ada kesalahan maka dipersilahkan untuk mengkonfirmasinya kepada dewan guru, karena data-data yang ada ini akan selalu kita gunakan untuk kepentingan anak itu sendiri termasuk penulisan Ijazah Siswa ketika lulus nanti.
Untuk menu lainnya silakan klik "Data Pribadi".


Ketika kita mengklik "Data Pribadi" maka muncul jendela menu informasi siswa yang akan kita tuju atau yang ingin kita ketahui. pada saat ini kita ambil contoh bahwa kita ingin mengetahui absen atau presensi kehadiran siswa, maka silakan klik "Presensi Harian".

Ketika kita klik menu "Presensi Harian" maka terbukalah statistik presensi harian siswa / anak kita, dan kita bisa memilih ingin menampilkan presensi harian tahun berapa atau pada waktu dia kelas berapa, karena presensi harian ini akan selalu tersimpan di database kita dan akan memudahkan kita untuk selalu melihat historisnya. Pada sebelah kanan yang dikasih tanda bisa kita lihat jumlah kehadiran anak kita, alpa ataupun izinnya.

Sampai di sini, kita sudah bisa menggunakan menu info siswa untuk mengetahui detail keadaan siswa kita.


2. Arsip Digital Siswa

Pada bagian 2 ini kita akan belajar bagaimana cara menggunakan menu "Arsip Digital"



Masih pada menu "Info Siswa" pada sebelah Kanan bisa kita temukan menu "Arsip Digital Siswa", yang mana pada menu ini berisi semua berkas/dokumen penting siswa yang sudah didigitalkan. Silakan klik menu tersebut sehingga muncul jendela baru.

Untuk keamanan data siswa tersebut maka dilengkapi dengan akses login, silakan isikan kembali dengan menggunakan NIS dan PIN siswa yang ada pada kartu pelajar siswa, setelah terisi silakan klik tombol log in.

Maka kita akan dibawa ke halaman tempat penyimpanan berkas-berkas penting siswa, mulai dari dokumen kependudukan seperti akta kelahiran sampai pada rapor digital siswa.

Untuk melihat file berkasnya tinggal kita klik file-file yang ada disitu maka akan muncul jendela tampilan dari berkas yang dimiliki siswa tersebut

Untuk menyimpan berkas tersebut silakan klik tombol download pada pojok kiri atas sehingga bisa di simpan pada device masing-masing ketika diperlukan.


Demikianlah tutorial singkat ini kami siapkan agar bisa memaksimalkan penggunaan Aplikasi Anjungan yang kita miliki, sehingga bisa bermanfaat bagi siswa, orang tua dan alumni, karena walaupun sudah menjadi alumni selama data kita masih ada pada database siswa tersebut maka kita masih akan tetap bisa mengaksesnya.

Mudah-mudahan tutorial ini berguna bagi kita semuanya, dah mudah-mudahan semua yang kita lakukan dalam mendampingi siswa kita dalam pembelajaran di rumah ini bernilai Ibadah di sisi Allah SWT.

Pasang aplikasi Anjungan MI Al Raudlah

Tambahkan aplikasi Anjungan MI Al Raudlah di smartphone tanpa install, buka Anjungan MI Al Raudlah dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Anjungan Informasi MI Al Raudlah dari layar utama smartphone Anda. Panduan selengkapnya silakan klik DI SINI
Kunjungi selalu Anjungan MI Al Raudlah ini untuk mendapatkan informasi dan pengumuman penting lainnya..... Terima kasih.....